LAZADA
LAZADA Indonesia adalah pusat belanja
online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari eletronik, buku,
mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan,
peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olahraga.
LAZADA Indonesia didirikan pada tahun
2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia
Tenggara. Asia Tenggara Grup LAZADA Internasional ini terdiri dari LAZADA
Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, dan LAZADA
Filiphina.

Jaringan LAZADA Asia Tenggara merupakan
cabang anak perusahaan dari jaringan perusahaan internet Jerman, Rocket
Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan online incubator yang sukses
menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia.
Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara
lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal), dan lain-lain.
LAYANAN
LAZADA:
1.
Bayar
di Tempat/Cash On Delivery (COD)
Bayar di Tempat merupakan layanan metode
pembayaran dimana pelanggan dapat membayar barang yang dipesan kurir saat
mereka menerima barang pesanan mereka. Layanan Bayar di Tempat ini dapat
dilakukan di kota-kota besar di Indonesia. Berikut ini adalah jasa pengiriman
barang yang bekerja sama dengan LAZADA:

2.
Pengembalian
Barang dalam 14 Hari
LAZADA Indonesia memberikan waktu 14
hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian
uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuaian barang pesanan. Pengembalian
barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website LAZADA,
kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
3.
Gratis
Ongkos Pengiriman
Kini LAZADA Indonesia memberikan gratis
ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat dan tengah, dengan minimum
akumulasi pembelian sebesar Rp 200.000,-.
4.
Program
Cicilan 0%
LAZADA menawarkan sistem cicilan dengan
bunga 0% untuk pembelanjaan produk-produknya. Sistem cicilan ini memiliki
jangka waktu cicilan selama 3 bulan dan 6 bulan, untuk semua produk yang ada di
LAZADA dengan minimum pembelian sebesar Rp 1.000.000,-. Bank yang telah bekerja
sama dengan LAZADA adalah: BCA, Bank Danamon, BII, Bank Mandiri, dan Standard
Chartered Bank. Setiap pelanggan yang melakukan pembelian dengan kartu kredit
dari bank yang menjadi patner LAZADA dapat mengikuti program angsuran ini.
Berikut adalah metode pembayaran LAZADA:

5.
Pre-Order
Product
LAZADA menjual beberapa produk dengan
permintaan yang tinggi bahkan sebelum produk tersebut dirilis dengan metode
pre-order. Produk ini sudah terlebih dahulu populer dan ditunggu-tunggu oleh
banyak pembeli di Indonesia, dan LAZADA memberikan fasilitas pre-order sehingga
pelanggan LAZADA dapat memiliki produk ini pertama kali tanpa repot mengantri
atau berebutan dengan pembeli lain.
6.
MasterCard
Monday
LAZADA memiliki program promosi mingguan
bernama MasterCard Monday. Dalam program ini setiap pelanggan yang memiliki
kartu kredit MasterCard akan mendapatkan potongan harga 10% untuk setiap jenis
barang di berbagai kategori. Diskon ini hanya ada di hari Senin apabila
melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit MasterCard dengan minimal
pembelanjaan Rp 800.000,-. Pembelanjaan di LAZADA menggunakan kartu kredit
MasterCard ini juga mendapatkan cicilan dengan bunga 0%.
7.
Online
Revolution 12.12.12
Pada tanggal 12 Desember 2012 LAZADA
mengadakan event diskon yang diselenggarakan dengan tajuk Online Revolution
12.12.12, Online Shopping Is The Future. Event promo yang diprakasai oleh
LAZADA ini juga diikuti oleh beberapa raksasa-raksasa e-commerce tanah air,
yaitu: Zalora.co.id, Plasa.com, Fimelashop.com, Fazzione.com, Foodpanda.com,
BerryBenka.com, PinkEmma.com, damniloveindonesia.com, dan Bilna.com.
Di tiap jam nya, LAZADA memberikan
penawaran diskon dan mengumumkan waktu kapan tepatnya melalui jejaring sosial
seperti Facebook dan Twitter dengan tagar #1212Sale sehingga pelanggan
disarankan untuk selalu memantau saluran media sosial milik LAZADA untuk
mengikuti produk mana yang tengah memiliki penawaran atau diskon.
8.
Program
Promosi Lainnya
LAZADA juga terus mengadakan program
promosi tematik lainnya secara mingguan, pada hari raya, hari besar Nasional,
atau peristiwa-peristiwa khusus seperti Christmas Sale, New Year New Look, Sale
Imlek, Bersih-Bersih Banjir, Flash Sale, dan Belanja Akhir Minggu (BAM!)
9.
Jenis
Produk
LAZADA Indonesia memiliki pilihan produk
mulai dari elektronik, gadget IT, peralatan elektronik rumah tangga, alat
kesehatan dan kecantikan, buku, CD musik, mainan anak-anak, peralatan bayi,
perlengkapan traveling, dan olahraga. Kini LAZADA juga mulai merambah produk
fashion seperti pakaian, tas, dan aksesoris.
KONTROVERSI
LAZADA:
Meski baru berkembang kurang dari
setahun, LAZADA menuai banyak kontroversi. Dominasi warna biru dan oranye serta
tampilan antar muka dengan sidebar kategori produk yang mirip dengan Amazon.
LAZADA kerap kali dianggap sebagai duplikat Amazon yang diaplikasikan pada
pasar regional Asia. Kontroversi kedua muncul pada saat Managing Director,
Susie Sudgen mengundurkan diri pada bulan Mei 2012, tak lama setelah CEO
Zalora, Nadim Makarim mengundurkan diri. Pengunduran dua personel kunci
mengundang pertanyaan di kalangan praktisi industri internet yang
bertanya-tanya tentang apa yang terjadi dengan perusahaan e-commerce ini.
Berikut
adalah tampilan home Amazon Online Shopping:

Berikut
adalah tampilan home pada LAZADA Online Shopping:

INVESTASI
JP. MORGAN
Pada awal September 2012, JP Morgan
Asset Management mengkonfirmasi investasi terhadap jaringan LAZADA Asia
Tenggara melalui kantor pusat Rocket Internet. Investasi ini merupakan bentuk
penanaman modal JP. Morgan pertama untuk anak perusahaan-perusahaan Rocket
Internet di Asia Tenggara, setelah sebelumnya berinvestasi di anak perusahaan
di Jerman, Rusia, Brazil, dan Australia. Investasi JP. Morgan atas LAZADA Asia
Tenggara disambut bahagia oleh CEO LAZADA Regional Asia Tenggara, Maximilian
Bittner, “Kami sangat merasa terhormat untuk menyambut JP. Morgan untuk menjadi
investor kami dan tentunya sangat bahagia bergabung dengan investor dengan
berbagai visi dan kepercayaan akan potensi besar wilayah yang berpopulasi besar
dengan mereplikasi perilaku berbelanja online di negara maju”. Meskipun
mendapatkan suntikan investasi dari JP. Morgan. Managing Director LAZADA
Indonesia, Magnus Ekbom mengungkapkan, tidak akan ada perubahan baik dalam hal
manajemen operasional maupun konsumen LAZADA. Ekbom menambahkan saat ini LAZADA
Indonesia memiliki 200 karyawan. Lingkungan yang ingin dibentuk di LAZADA
adalah lingkungan kerja dimana setiap orangnya adalah pekerja keras, “Staff
kami adalah yang paling berharga bagi perusahaan ini”, katanya.
Setelah JP. Morgan, beberapa patner lain
ikut mempercayakan investasi pada LAZADA dan perusahaan induknya, Rocket
Internet. Pada November 2012, Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia
menanamkan investasi hingga lebih dari US$ 40 juta. Sebulan kemudian, pada
Desember 2012, Summit Partners, salah satu perusahaan modal usaha terbesar di
dunia berinvestasi sebesar US$ 26 juta. Dan pada bulan Januari 2013,
Tengelmann, Group Retail strategis dari Jerman menanamkan dana investasi yang
dikabarkan mencapai US$ 20 juta.
KELEBIHAN
DAN KELEMAHAN LAZADA ONLINE SHOPPING
Beberapa pelanggan LAZADA menyatakan
kepuasan serta kritik untuk LAZADA atas pelayanan pembeliannya.
Berikut
ini KELEBIHAN yang disampaikan oleh pelanggan LAZADA:
1.
Beraneka
Ragam Produk Tersedia
Jika kita pergi ke suatu toko yang
menjual sedikit jenis barang tentu akan membuat kita berfikir kalau toko
tersebut kurang bagus untuk melakukan pembelanjaan karena persediaan barangnya hanya
sedikit. Namun di LAZADA terdapat banyak sekali barang yang beraneka ragam
walaupun masih banyak didominasi oleh produk elektronik. Selain barang
elektronik juga tersedia peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan,
alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan, dan lain-lain. Jadi kita
bisa langsung berbelanja banyak produk di LAZADA.
2.
Banyak
Diskon Menarik yang Ditawarkan
Diskon merupakan salah satu hal yang
sangat diinginkan oleh konsumen karena konsumen dapat menghemat uang. Akhir-akhir
ini LAZADA seringkali memberikan diskon kepada pelanggannya, ada yang berkisar
di bawah 10% hingga diskon di atas 30% untuk beberapa produk tertentu.
3.
Website
yang User Friendly
Mungkin bagi orang awam belanja di toko
online terkadang menyulitkan dan membingungkan, tapi tidak dengan belanja di
LAZADA. Karena di website, mereka memiliki tampilan yang menarik dan navigasi
yang jelas serta panduan yang cukup mudah untuk dimengerti sehingga kita
sebagai konsumen tidak akan tersasar di dalam website mereka. Selain itu LAZADA
juga menampilkan produk-produk unggulan sehingga memudahkan konsumen untuk
mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.
4.
Bebas
Ongkos Kirim
Ongkos kirim terkadang menjadi sesuatu
yang menakutkan untuk berbelanja online karena cukup mahal untuk barang yang
ukurannya besar. Namun LAZADA memberikan kemudahan bagi pada pelanggannya
dengan menggratiskan ongkos kirim ke lebih dari 100 kota di Indonesia dan
tentunya ini cukup bagus untuk perkembangan LAZADA ke depan karena pasti
konsumen memilih yang ongkos kirimnya gratis.
5.
Bisa
COD (Cash On Delivery)
Terkadang dalam belanja online terdapat
beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di
pelayanan LAZADA anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda
menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru
ada di daerah Jakarta sebab dari beberapa pemesanan di luar area Jakarta tidak
ada fasilitas COD.
6.
Pengiriman
Barang Cepat
Sebagai pembeli pasti mengharapkan
barang yang dibeli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan atau cacat. LAZADA
sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu, oleh karena itu mereka melakukan
pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima. Sebagai contoh ada
seorang pelanggan yang menceritakan pengalamannya: “Pengalaman saya saat
membeli salah satu produk LAZADA, saya pesan dan melakukan pembayaran pada
tanggal 15 Agustus 2012 kemudian pada tanggal 16 Agustus 2012 pukul 10.00 pagi
barang sudah sampai di rumah saya dengan selamat”.
Beberapa
KELEMAHAN yang diungkapkan pelanggan:
1.
Konfirmasi
Pembayaran Cukup Lama
Sebagai pembeli juga
tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfirmasi
pembayaran diterima oleh pihak LAZADA cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli
khawair. Sebagai contoh pengalaman seorang pelanggan, “Pengalaman saya pribadi
saat konfirmasi pembayaran pukul 10.00 dan baru menerima konfirmasi pembayaran
diterima pukul 15.00, tentu ini waktu yang lumayan tapi masih tergolong cepat
karena masih pada hari yang sama, namun tentunya lebih menyenangkan lagi kalau
hanya memerlukan beberapa menit saja untuk konfirmasi”.
2.
Fasilitas
COD yang Masih Belum Bisa di Banyak Kota
Fasilitas COD yang
ditawarkan memang bagus untuk konsumen, tapi sayangnya untuk saat ini masih
untuk kota Jakarta dan sekitarnya saja. Menurut penuturan seorang pelanggan
LAZADA, di tempat tinggalnya di Bandung LAZADA tidak menyediakan fasilitas COD.
Mungkin untuk lebih memuaskan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan
tentu fasilitas COD di setiap kota bisa diterapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar