Senin, 16 Desember 2013

LAZADA

LAZADA

LAZADA Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari eletronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olahraga.
LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara. Asia Tenggara Grup LAZADA Internasional ini terdiri dari LAZADA Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, dan LAZADA Filiphina.
Jaringan LAZADA Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan dari jaringan perusahaan internet Jerman, Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan online incubator yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal), dan lain-lain.

LAYANAN LAZADA:
1.      Bayar di Tempat/Cash On Delivery (COD)
Bayar di Tempat merupakan layanan metode pembayaran dimana pelanggan dapat membayar barang yang dipesan kurir saat mereka menerima barang pesanan mereka. Layanan Bayar di Tempat ini dapat dilakukan di kota-kota besar di Indonesia. Berikut ini adalah jasa pengiriman barang yang bekerja sama dengan LAZADA:
2.      Pengembalian Barang dalam 14 Hari
LAZADA Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuaian barang pesanan. Pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website LAZADA, kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
3.      Gratis Ongkos Pengiriman
Kini LAZADA Indonesia memberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat dan tengah, dengan minimum akumulasi pembelian sebesar Rp 200.000,-.
4.      Program Cicilan 0%
LAZADA menawarkan sistem cicilan dengan bunga 0% untuk pembelanjaan produk-produknya. Sistem cicilan ini memiliki jangka waktu cicilan selama 3 bulan dan 6 bulan, untuk semua produk yang ada di LAZADA dengan minimum pembelian sebesar Rp 1.000.000,-. Bank yang telah bekerja sama dengan LAZADA adalah: BCA, Bank Danamon, BII, Bank Mandiri, dan Standard Chartered Bank. Setiap pelanggan yang melakukan pembelian dengan kartu kredit dari bank yang menjadi patner LAZADA dapat mengikuti program angsuran ini. Berikut adalah metode pembayaran LAZADA:

5.      Pre-Order Product
LAZADA menjual beberapa produk dengan permintaan yang tinggi bahkan sebelum produk tersebut dirilis dengan metode pre-order. Produk ini sudah terlebih dahulu populer dan ditunggu-tunggu oleh banyak pembeli di Indonesia, dan LAZADA memberikan fasilitas pre-order sehingga pelanggan LAZADA dapat memiliki produk ini pertama kali tanpa repot mengantri atau berebutan dengan pembeli lain.
6.      MasterCard Monday
LAZADA memiliki program promosi mingguan bernama MasterCard Monday. Dalam program ini setiap pelanggan yang memiliki kartu kredit MasterCard akan mendapatkan potongan harga 10% untuk setiap jenis barang di berbagai kategori. Diskon ini hanya ada di hari Senin apabila melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit MasterCard dengan minimal pembelanjaan Rp 800.000,-. Pembelanjaan di LAZADA menggunakan kartu kredit MasterCard ini juga mendapatkan cicilan dengan bunga 0%.
7.      Online Revolution 12.12.12
Pada tanggal 12 Desember 2012 LAZADA mengadakan event diskon yang diselenggarakan dengan tajuk Online Revolution 12.12.12, Online Shopping Is The Future. Event promo yang diprakasai oleh LAZADA ini juga diikuti oleh beberapa raksasa-raksasa e-commerce tanah air, yaitu: Zalora.co.id, Plasa.com, Fimelashop.com, Fazzione.com, Foodpanda.com, BerryBenka.com, PinkEmma.com, damniloveindonesia.com, dan Bilna.com.
Di tiap jam nya, LAZADA memberikan penawaran diskon dan mengumumkan waktu kapan tepatnya melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter dengan tagar #1212Sale sehingga pelanggan disarankan untuk selalu memantau saluran media sosial milik LAZADA untuk mengikuti produk mana yang tengah memiliki penawaran atau diskon.
8.      Program Promosi Lainnya
LAZADA juga terus mengadakan program promosi tematik lainnya secara mingguan, pada hari raya, hari besar Nasional, atau peristiwa-peristiwa khusus seperti Christmas Sale, New Year New Look, Sale Imlek, Bersih-Bersih Banjir, Flash Sale, dan Belanja Akhir Minggu (BAM!)
9.      Jenis Produk
LAZADA Indonesia memiliki pilihan produk mulai dari elektronik, gadget IT, peralatan elektronik rumah tangga, alat kesehatan dan kecantikan, buku, CD musik, mainan anak-anak, peralatan bayi, perlengkapan traveling, dan olahraga. Kini LAZADA juga mulai merambah produk fashion seperti pakaian, tas, dan aksesoris.

KONTROVERSI LAZADA:
Meski baru berkembang kurang dari setahun, LAZADA menuai banyak kontroversi. Dominasi warna biru dan oranye serta tampilan antar muka dengan sidebar kategori produk yang mirip dengan Amazon. LAZADA kerap kali dianggap sebagai duplikat Amazon yang diaplikasikan pada pasar regional Asia. Kontroversi kedua muncul pada saat Managing Director, Susie Sudgen mengundurkan diri pada bulan Mei 2012, tak lama setelah CEO Zalora, Nadim Makarim mengundurkan diri. Pengunduran dua personel kunci mengundang pertanyaan di kalangan praktisi industri internet yang bertanya-tanya tentang apa yang terjadi dengan perusahaan e-commerce ini.
Berikut adalah tampilan home Amazon Online Shopping:
Description: http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTOdY70feZmhGqPvWzK5g-GjMKRlcgPcIZUgSbH6bTbu7kAv7al


Berikut adalah tampilan home pada LAZADA Online Shopping:
Description: http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRaCnpGgezhFOkA35HLI7kUbKtSxcG-rQg8oJO75d-Gpmh3ubIW

INVESTASI JP. MORGAN
Pada awal September 2012, JP Morgan Asset Management mengkonfirmasi investasi terhadap jaringan LAZADA Asia Tenggara melalui kantor pusat Rocket Internet. Investasi ini merupakan bentuk penanaman modal JP. Morgan pertama untuk anak perusahaan-perusahaan Rocket Internet di Asia Tenggara, setelah sebelumnya berinvestasi di anak perusahaan di Jerman, Rusia, Brazil, dan Australia. Investasi JP. Morgan atas LAZADA Asia Tenggara disambut bahagia oleh CEO LAZADA Regional Asia Tenggara, Maximilian Bittner, “Kami sangat merasa terhormat untuk menyambut JP. Morgan untuk menjadi investor kami dan tentunya sangat bahagia bergabung dengan investor dengan berbagai visi dan kepercayaan akan potensi besar wilayah yang berpopulasi besar dengan mereplikasi perilaku berbelanja online di negara maju”. Meskipun mendapatkan suntikan investasi dari JP. Morgan. Managing Director LAZADA Indonesia, Magnus Ekbom mengungkapkan, tidak akan ada perubahan baik dalam hal manajemen operasional maupun konsumen LAZADA. Ekbom menambahkan saat ini LAZADA Indonesia memiliki 200 karyawan. Lingkungan yang ingin dibentuk di LAZADA adalah lingkungan kerja dimana setiap orangnya adalah pekerja keras, “Staff kami adalah yang paling berharga bagi perusahaan ini”, katanya.
Setelah JP. Morgan, beberapa patner lain ikut mempercayakan investasi pada LAZADA dan perusahaan induknya, Rocket Internet. Pada November 2012, Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi hingga lebih dari US$ 40 juta. Sebulan kemudian, pada Desember 2012, Summit Partners, salah satu perusahaan modal usaha terbesar di dunia berinvestasi sebesar US$ 26 juta. Dan pada bulan Januari 2013, Tengelmann, Group Retail strategis dari Jerman menanamkan dana investasi yang dikabarkan mencapai US$ 20 juta.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN LAZADA ONLINE SHOPPING
Beberapa pelanggan LAZADA menyatakan kepuasan serta kritik untuk LAZADA atas pelayanan pembeliannya.
Berikut ini KELEBIHAN yang disampaikan oleh pelanggan LAZADA:
1.         Beraneka Ragam Produk Tersedia
Jika kita pergi ke suatu toko yang menjual sedikit jenis barang tentu akan membuat kita berfikir kalau toko tersebut kurang bagus untuk melakukan pembelanjaan karena persediaan barangnya hanya sedikit. Namun di LAZADA terdapat banyak sekali barang yang beraneka ragam walaupun masih banyak didominasi oleh produk elektronik. Selain barang elektronik juga tersedia peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan, dan lain-lain. Jadi kita bisa langsung berbelanja banyak produk di LAZADA.
2.         Banyak Diskon Menarik yang Ditawarkan
Diskon merupakan salah satu hal yang sangat diinginkan oleh konsumen karena konsumen dapat menghemat uang. Akhir-akhir ini LAZADA seringkali memberikan diskon kepada pelanggannya, ada yang berkisar di bawah 10% hingga diskon di atas 30% untuk beberapa produk tertentu.
3.         Website yang User Friendly
Mungkin bagi orang awam belanja di toko online terkadang menyulitkan dan membingungkan, tapi tidak dengan belanja di LAZADA. Karena di website, mereka memiliki tampilan yang menarik dan navigasi yang jelas serta panduan yang cukup mudah untuk dimengerti sehingga kita sebagai konsumen tidak akan tersasar di dalam website mereka. Selain itu LAZADA juga menampilkan produk-produk unggulan sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.
4.         Bebas Ongkos Kirim
Ongkos kirim terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan untuk berbelanja online karena cukup mahal untuk barang yang ukurannya besar. Namun LAZADA memberikan kemudahan bagi pada pelanggannya dengan menggratiskan ongkos kirim ke lebih dari 100 kota di Indonesia dan tentunya ini cukup bagus untuk perkembangan LAZADA ke depan karena pasti konsumen memilih yang ongkos kirimnya gratis.
5.         Bisa COD (Cash On Delivery)
Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan LAZADA anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah Jakarta sebab dari beberapa pemesanan di luar area Jakarta tidak ada fasilitas COD.
6.         Pengiriman Barang Cepat
Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang dibeli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan atau cacat. LAZADA sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu, oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima. Sebagai contoh ada seorang pelanggan yang menceritakan pengalamannya: “Pengalaman saya saat membeli salah satu produk LAZADA, saya pesan dan melakukan pembayaran pada tanggal 15 Agustus 2012 kemudian pada tanggal 16 Agustus 2012 pukul 10.00 pagi barang sudah sampai di rumah saya dengan selamat”.



Beberapa KELEMAHAN yang diungkapkan pelanggan:
1.        Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfirmasi pembayaran diterima oleh pihak LAZADA cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawair. Sebagai contoh pengalaman seorang pelanggan, “Pengalaman saya pribadi saat konfirmasi pembayaran pukul 10.00 dan baru menerima konfirmasi pembayaran diterima pukul 15.00, tentu ini waktu yang lumayan tapi masih tergolong cepat karena masih pada hari yang sama, namun tentunya lebih menyenangkan lagi kalau hanya memerlukan beberapa menit saja untuk konfirmasi”.
2.        Fasilitas COD yang Masih Belum Bisa di Banyak Kota

Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen, tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota Jakarta dan sekitarnya saja. Menurut penuturan seorang pelanggan LAZADA, di tempat tinggalnya di Bandung LAZADA tidak menyediakan fasilitas COD. Mungkin untuk lebih memuaskan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan tentu fasilitas COD di setiap kota bisa diterapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar