A. DEFINISI MANAJEMEN
Manajemen dapat
diartikan menjadi tiga pengertian:
1.
Manajemen
sebagai suatu proses
Melihat
bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih
dahulu. Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian
menurut:
1) Encyclopedia
of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan
suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
2) Haiman,
manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain,
mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
3) Georgy
R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang
telah ditentukan terlebih dahulu melalui kegiatan orang lain.
2.
Manajemen
sebagai suatu kolektivitas manusia
Merupakan
suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan
bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan
manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu
tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut manajer.
3.
Manajemen
sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art)
Melihat
bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari
manajemen. Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari:
1) Chaster
I. Bernard, dalam bukunya yang berjudul “The
Function of The Executive”, bahwa manajemen adalah seni dan ilmu.
2) Marry
Parker Follett menyatakan bahwa sebagai seni dalam
menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
B. MANAJEMEN SEBAGAI ILMU DAN SEBAGAI
SENI
·
Manajemen sebagai suatu ilmu
pengetahuan, karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan
menjadi suatu teori. Hal ini dikarenakan di dalamnya menjelaskan tentang
gejala-gejala manajemen, gejala-gejala ini lalu diteliti dengan menggunakan
metode ilmiah yang dirumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip yang diwujudkan
dalam bentuk suatu teori.
·
Manajemen sebagai suatu seni, yaitu
memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan
orang lain. Kegiatan manusia pada umumnya adalah managing (mengatur), untuk
mengatur di sini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain melakukan
pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.
C. MANAJEMEN SEBAGAI SUATU PROSES
Edgar
H. Schein dalam bukunya yang berjudul “Organizational
Socialization and The Profession of Management” menguraikan karakteristik atau
kriteria-kriteria sesuatu bisa dijadikan suatu profesi, yaitu:
1) Para
profesional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum yang berlaku
dalam situasi dan lingkungan, hal ini banyak ditunjang dengan banyaknya
pendidikan-pendidikan yang tujuannya mendidik siswanya menjadi seorang
profesional. Misalnya Akademi Pendidikan Profesi Manajemen, kursus-kursus dan
program-program latihan dan lain sebagainya.
2) Para
profesional memperoleh status dengan cara mencapai suatu standar prestasi kerja
tertentu, ini tidak didasarkan pada keturunan, favoritas, suku bangsa, agama
dan kriteria-kriteria lainnya.
3) Para
profesional harus ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat.
D. TINGKATAN MANAJEMEN DAN MANAJER
Bila dilihat dari
tingkatan dalam organisasi, manajemen dibagi menjadi tiga golongan yang
berbeda, yaitu :
1.
Manajemen
Lini atau manajemen tingkat pertama, yaitu tingkatan yang
paling rendah dalam suatu organisasi, di mana seorang yang bertanggung jawab
atas pekerjaan orang lain, misalnya mandor atau pengawas produksi dalam suatu
pabrik, pengawas teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya.
2.
Manajemen
Tengah (Middle Manager) yaitu mencakup lebih dari
satutingkatan di dalam organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan
manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan
organisasi. Contohnya Kepala Bagian yang membawahi kepala seksi, kepala devisi
dan lain sebagainya.
3.
Manajemen
Puncak (Top Manager), terdiri atas kelompok yang relatif
kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi.
Mereka menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing hubungan organisasi
dengan lingkungannya. Sebutan yang khas untuk manajemen puncak ini adalah Chief Executive Officer (Direktur Utama),
Presiden dan Senior Vicepresident.
Bila
dilihat dari perbedaan tingkat manajernya, yaitu :
1.
Top
Manager
2.
Middle
Manager
3.
Lower
Manager
E. FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
1.
Forecasting
(ramalan) : kegiatan meramalkan, memproyeksikan terhadap
kemungkinan yang akan terjadi bila sesuatu dikerjakan.
2.
Planning
(perencanaan) : penentuan serangkaian tindakan dan
kegiatan untuk mencapai hasil yang diharapkan.
3.
Organizing
(organisasi) : pengelompokan kegiatan untuk mencapai
tujuan, termasuk dalam hal ini penetapan susunan organisasi, tugas dan
fungsinya.
4.
Staffing
atau Assembling Resources (penyusunan personalia) :
dimulai dari penarikan tenaga kerja baru, latihan dan pengembangan sampai
dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal pada organisasi.
5.
Directing
atau Commanding (pengarahan atau mengkomando) : usaha memberi
bimbingan saran-saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing
bawahan (delegasi wewenang) untuk dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai
dengan tujuan yang telah ditetapkan.
6.
Leading
:
pekerjaan manajer untuk meminta orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan
yang telah ditetapkan.
7.
Coordinating
(koordinasi) : menyelaraskan tugas atau pekerjaan
agar tidak terjadi kekacauan dan saling lempar tanggung jawab dengan jalan
menghubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan.
8.
Motivating
(motivasi) : pemberian semangat, inspirasi dan dorongan kepada
bawahan agar mengerjakan kegiatan yang telah ditetapkan secara sukarela.
9.
Controlling
(pengawasan) : penemuan dan penerapan cara dan
peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
10. Reporting (pelaporan)
: penyampaian hasil kegiatan baik secara tertulis maupun lisan.
3
HAL
PENTING MENGAPA MANAJEMEN DI PERLUKAN:
1.
Tujuan yang hendak di capai baik tujuan
organisasi maupun pribadi
2.
Mengembangkan antar tujuan yang berbeda
dan saling betentangan
3.
Mencapai efensiensi dan efektifitas
2
KONSEP
UTAMA UNTUK MENGUKUR PRESTASI KERJA
1) EFESIENSI:
kemampuan menyelesaikan pekerjaan dengan benar
2) EFEKTIFITAS:
kemampuan guna memilih berbagai alternatif yang ada
SARANA-SARANA
DALAM MANAJEMEN
a. Man
atau Manusia: planning, organizing, directing, controlling
b. Money
atau Uang: gaji pegawai, pembelian faktor produksi dan sebagainya
c. Material
atau Bahan-bahan: mesin
d. Methods
atau Pelaksanaan: melakukan kegiatan secara berdaya guna
e. Market
atau Pasar: tempat bagi hasil produksi
KEGIATAN-KEGIATAN
MANAJER DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT LUAR
a)
Mengadakan pengumuman-pengumuman
b)
Menyelenggarakan konferensi pers
c)
Menyelenggarakan pameran-pameran
d)
Mengadakan kontak dengan
unsur-unsur pemerintah dan masyarakat
e)
Mengatur siaran-siaran melalui
radio, televisi, dan bioskop
f)
Membuat analisa dari pendapatan
umum
g)
Menerima kunjungan pihak luar ke
perusahaan
h)
Memberikan bantuan ke masyarakat
TUGAS-TUGAS PENTING YANG
DILAKSANAKAN MANEJER
1)
Bekerja dengan melalui orang lain
2)
Menyeimbangkan berbagai tujuan yang
saling bertentangan dan menentukan prioritas
3)
Bertanggung jawab dan
mempertanggung jawabkan
4)
Berpikir secara analistis dan
konseptual
5)
Sebagai mediator antar anggota
6)
Sebagai seorang politisi
7)
Sebagai seorang diplomat
8)
Manajer mengambil keputusan dalam
pemecahan masalah
3 PERANAN MANAJER
1.
Peranan
antar pribadi
a. Sebagai
pemuka simbolis
b. Pemimpin
c. Perantara
2.
Peranan
informasional
a. Monitoring
b. Penerus
informasi
c. Perwakilan
3.
Peranan
pembuatan keputusan
a. Wiraswasta
b. Penangkal
kesulitan
c. Pengalokasian
sumberdaya
d. Negotiator
KETERAMPILAN MANAJER
1)
Keterampilan Konsepsual
2)
Keterampilan Kemanusiaan
3)
Keterampilan Administrasi
4)
Keterampilan Tekhnik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar