Rabu, 27 November 2013

RANGKUMAN PENGERTIAN MANAJEMEN




A.    DEFINISI MANAJEMEN
Manajemen dapat diartikan menjadi tiga pengertian:
1.      Manajemen sebagai suatu proses
Melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut:
1)      Encyclopedia of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
2)      Haiman, manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
3)      Georgy R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu melalui kegiatan orang lain.
2.      Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
Merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut manajer.
3.      Manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art)
Melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen. Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari:
1)      Chaster I. Bernard, dalam bukunya yang berjudul “The Function of The Executive”, bahwa manajemen adalah seni dan ilmu.
2)      Marry Parker Follett menyatakan bahwa sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
B.     MANAJEMEN SEBAGAI ILMU DAN SEBAGAI SENI
·         Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan, karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Hal ini dikarenakan di dalamnya menjelaskan tentang gejala-gejala manajemen, gejala-gejala ini lalu diteliti dengan menggunakan metode ilmiah yang dirumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip yang diwujudkan dalam bentuk suatu teori.
·         Manajemen sebagai suatu seni, yaitu memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain. Kegiatan manusia pada umumnya adalah managing (mengatur), untuk mengatur di sini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain melakukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.

C.    MANAJEMEN SEBAGAI SUATU PROSES
Edgar H. Schein dalam bukunya yang berjudul “Organizational Socialization and The Profession of Management” menguraikan karakteristik atau kriteria-kriteria sesuatu bisa dijadikan suatu profesi, yaitu:
1)      Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum yang berlaku dalam situasi dan lingkungan, hal ini banyak ditunjang dengan banyaknya pendidikan-pendidikan yang tujuannya mendidik siswanya menjadi seorang profesional. Misalnya Akademi Pendidikan Profesi Manajemen, kursus-kursus dan program-program latihan dan lain sebagainya.
2)      Para profesional memperoleh status dengan cara mencapai suatu standar prestasi kerja tertentu, ini tidak didasarkan pada keturunan, favoritas, suku bangsa, agama dan kriteria-kriteria lainnya.
3)      Para profesional harus ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat.




D.    TINGKATAN MANAJEMEN DAN MANAJER
Bila dilihat dari tingkatan dalam organisasi, manajemen dibagi menjadi tiga golongan yang berbeda, yaitu :
1.      Manajemen Lini atau manajemen tingkat pertama, yaitu tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, di mana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain, misalnya mandor atau pengawas produksi dalam suatu pabrik, pengawas teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya.
2.      Manajemen Tengah (Middle Manager) yaitu mencakup lebih dari satutingkatan di dalam organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi. Contohnya Kepala Bagian yang membawahi kepala seksi, kepala devisi dan lain sebagainya.
3.      Manajemen Puncak (Top Manager), terdiri atas kelompok yang relatif kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi. Mereka menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing hubungan organisasi dengan lingkungannya. Sebutan yang khas untuk manajemen puncak ini adalah Chief Executive Officer (Direktur Utama), Presiden dan Senior Vicepresident.
Bila dilihat dari perbedaan tingkat manajernya, yaitu :
1.      Top Manager
2.      Middle Manager
3.      Lower Manager

E.     FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
1.      Forecasting (ramalan) : kegiatan meramalkan, memproyeksikan terhadap kemungkinan yang akan terjadi bila sesuatu dikerjakan.
2.      Planning (perencanaan) : penentuan serangkaian tindakan dan kegiatan untuk mencapai hasil yang diharapkan.
3.      Organizing (organisasi) : pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan, termasuk dalam hal ini penetapan susunan organisasi, tugas dan fungsinya.
4.      Staffing atau Assembling Resources (penyusunan personalia) : dimulai dari penarikan tenaga kerja baru, latihan dan pengembangan sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal pada organisasi.
5.      Directing atau Commanding (pengarahan atau mengkomando) : usaha memberi bimbingan saran-saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan (delegasi wewenang) untuk dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
6.      Leading : pekerjaan manajer untuk meminta orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
7.      Coordinating (koordinasi) : menyelaraskan tugas atau pekerjaan agar tidak terjadi kekacauan dan saling lempar tanggung jawab dengan jalan menghubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan.
8.      Motivating (motivasi) : pemberian semangat, inspirasi dan dorongan kepada bawahan agar mengerjakan kegiatan yang telah ditetapkan secara sukarela.
9.      Controlling (pengawasan) : penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
10.  Reporting (pelaporan) : penyampaian hasil kegiatan baik secara tertulis maupun lisan.

3        HAL PENTING MENGAPA MANAJEMEN DI PERLUKAN:
1.      Tujuan yang hendak di capai baik tujuan organisasi maupun pribadi
2.      Mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan saling betentangan
3.      Mencapai efensiensi dan efektifitas


2        KONSEP UTAMA UNTUK MENGUKUR PRESTASI KERJA
1)      EFESIENSI: kemampuan menyelesaikan pekerjaan dengan benar
2)      EFEKTIFITAS: kemampuan guna memilih berbagai alternatif yang ada

SARANA-SARANA DALAM MANAJEMEN
a.       Man atau Manusia: planning, organizing, directing, controlling
b.      Money atau Uang: gaji pegawai, pembelian faktor produksi  dan sebagainya
c.       Material atau Bahan-bahan: mesin
d.      Methods atau Pelaksanaan: melakukan kegiatan secara berdaya guna
e.       Market atau Pasar: tempat bagi hasil produksi

KEGIATAN-KEGIATAN MANAJER DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT LUAR
a)      Mengadakan pengumuman-pengumuman
b)     Menyelenggarakan konferensi pers
c)      Menyelenggarakan pameran-pameran
d)     Mengadakan kontak dengan unsur-unsur pemerintah dan masyarakat
e)      Mengatur siaran-siaran melalui radio, televisi, dan bioskop
f)       Membuat analisa dari pendapatan umum
g)      Menerima kunjungan pihak luar ke perusahaan
h)     Memberikan bantuan ke masyarakat


TUGAS-TUGAS PENTING YANG DILAKSANAKAN MANEJER
1)      Bekerja dengan melalui orang lain
2)      Menyeimbangkan berbagai tujuan yang saling bertentangan dan menentukan prioritas
3)      Bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan
4)      Berpikir secara analistis dan konseptual
5)      Sebagai mediator antar anggota
6)      Sebagai seorang politisi
7)      Sebagai seorang diplomat
8)      Manajer mengambil keputusan dalam pemecahan masalah

3 PERANAN MANAJER
1.      Peranan antar pribadi
a.       Sebagai pemuka simbolis
b.      Pemimpin
c.       Perantara
2.      Peranan informasional
a.       Monitoring
b.      Penerus informasi
c.       Perwakilan
3.      Peranan pembuatan keputusan
a.       Wiraswasta
b.      Penangkal kesulitan
c.       Pengalokasian sumberdaya
d.      Negotiator


KETERAMPILAN MANAJER
1)      Keterampilan Konsepsual
2)      Keterampilan Kemanusiaan
3)      Keterampilan Administrasi
4)      Keterampilan Tekhnik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar